Contoh Laporan PKL (peraktek kerja lapangan) di PT. frisland Champina




lembaran PKL
PT.Frisland Champina





Nama kelompok:
Alfad ghani A
Andriansyah
Arlinda elsa S
Annisa
SMK MAHADHIKA 1
2016
Lembar Pengesahan

Laporan ini disampaikan untuk memenuhi persyaratan penyelesaian praktek kerja lapangan SMK MAHADHIKA 1 Tahun Pelajaran 2016-2017



Jakarta, 28 febuari 2017



Penulis

Disahkan dan disetujui oleh


   Wakil  Kurikulum                                                                             Kepala Perogram Jurusan



Didin Aliyudin, M. Pd                                                                               Kurnia Nita, S. Pd

Mengetahui,
Kepala SMK MAHADHIKA 1 Jakarta



H. Agus Suyani.S.Ag, M.M.Pd



Kata Pengantar

Segala puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang Maha Esa yang telah menampilkan rahmat dan hidayat-nya kepada kami sehingga kami dapat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan juga dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik. Sholawat dan salam kami sampaikan kepada suri tauladan kami, Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya.
Kegiatan PKL dimaksudkan sebagai salah satu bekal dalam memasuki jenjang dunia kerja dan untuk memupuk sikap mental yang lebih baik dalam melaksanakan kewajiban sebagai penerus bangsa sehingga mampu dan siap bekerja.
 Laporan praktek kerja lapangan ini kami susun berdasarkan pengalaman dan data-data yang kami peroleh selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Frisian Champina.
 Laporan ini di susun sedemikian rupa dengan tujuan dapat di terima dan di pahami oleh pembimbing serta dapat di pakai sebagai bahan acuan untuk adik-adik kelas yang nantinya juga akan melaksanankan praktek kerja lapangan dan menyusun laporan. Kami menyadari bahwa hal tersebut terlaksana berkat bantuan berbagai pihak,baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu izinkan kami mengucapkan terimakasih kepada:
1.      Bapak H. Agus suyani.S.Ag,M.M.Pd, selaku Kepala SMK Mahadhika 1.
2.      Bapak Didin Aliyudin, M.Pd, selaku wakil bidang kurikulum.
3.      Ibu Ulfatun Hidayati, SE. selaku wakil Bidang HubIn SMK Mahadhika 1.
4.      Ibu Desi Sulistyarini, S.Pd. Selaku Wakil Bidang Kesisiwaan SMK Mahadhika 1.
5.      Bapak Andri, S.Pd, selaku wakil Bidang Sarana Prasarana  SMK Mahadhika 1
6.      Ibu Kurnia Nita, S.Pd, Selaku KaProg Adm. Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta.
7.      Ibu Dwi Nurhayati, S.Pd, selaku guru pembimbing Peraktek Kerja Lapangan yang telah membimbing kami dengan tulus dan ikhlas dari awal sampai kami selesai melaksanakan PKL.
8.      Bapak Ibu guru di sekolah SMK MAHADHIKA1 yang telah memberikan bimbingan selama pelaksanaan pengalaman kerja lapangan
9.      Bapak Daman Wijaya selaku HRBP Manager PT. Frisian Champina
10.  Bapak Titan selaku HR PT. Frisian Champina


11.  Bapak Andri Tias Saputra selaku pembimbing PKL bagian SCM Packing
12.  Bapak Hendra Kustina selaku pembimbing PKL bagian SCM Packing
13.  Bapak Angga Satria Wijawa selaku pembimbing PKL di bagian Finance OTC
14.  Ibu Mike Dwi sardinah selaku pembimbing PKL bagian Klinik Frisland Champina
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik, saran dam masukkannya yang sifatnya membangun bagi pembaca dan masyarakat umum.
Penulis juga berharap laporan ini dapat menjadi acuan bagi adik-adik kelas untuk membuat
Laporan Peraktek Kerja Lapangan di tahun berikutnya. Semoga laporan ini bermanfaat.
Terima Kasih.


Jakarta, 28 febuari 2017


 Penulis















DAFTAR ISI




Halaman Judul                        : ...................................................................................... i
Halaman Pengesahan              : ...................................................................................... ii
Kata Pengantar                       : ...................................................................................... iii
Daftar Isi                                 : ...................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN                
1. 1. Latar belakang                : ....................................................................................... 1
1. 2. Tujuan                             : ....................................................................................... 2
1. 3. Waktu dan Tempat         : ....................................................................................... 3
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Sejarah Singkat                : ....................................................................................... 4
2.2. Stuktur Organisasi           : ....................................................................................... 8
2.3. Kegiatan Harian               : ....................................................................................... 9
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan                      : ..................................................................................... 15
3.2. Saran                                : ..................................................................................... 16
Daftar pustaka                        : ..................................................................................... 18
Biodata                                   : ..................................................................................... 19









BAB I
PENDAHULUAN


1. 1. Latar Belakang
Laporan PKL ini di buat pada tanggal 17 November 16 di buat laporan ini hanya untuk memberikan pelajaran sekaligus pengalaman yang pernah kami alami selama PKL berlangsung.
Kegiatan peraktek kerja lapangan merupakan kurikulum pendidikan (SMK) sekolah menengah kejuruan, yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan peraktek kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan perogram study tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara frofesional.
          Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka di terapkan suatu sistem pendidikan yang di kenal dengan istilah “praktek kerja lapangan (PKL)” sistem ini merupakan suatu bentuk penyelengaraan pendidikan keahlian profesional yang mendukung secara sitematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan peraktek kerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.
          Keahlian profesional hanya dapat di kuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja. Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada jenjang tertentu maka di wajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.




1.2. Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
Secara umum praktek kerja lapangan (PKL) bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswa/i pada saat bekerja, baik itu disuatu perusahaan ataupun di suatu lembaga instansi. Sedangkan secara umumnya antara lain :
1.        Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-maing saiswa/i.
2.         Melatih keterampilan yang dimiliki siwa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
3.         Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
4.          Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
5.          Memberikan motivasi sehingga siswa/i bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
6.          Memperkenalkan pada siswa/i cara kerja sesungguhnya.
7.          Agar siwa/i dapat mempunyai pengalaman yang kelak menjadi bekal bila suatu saat nanti terpangil mengabdi dalam suatu instansi/perusahaan tersebut.
8.          Untuk memperoleh peluang atau kesempatan kerja di perusahaan maupun instansi pemerintah setelah menyelesaikan peraktek kerja lapangan (PKL)
9.          Menabah wawasan bagi siswa/i dan melatih agar dapat menyesuaikan diri pada dunia kerja nyata.
1.2.2. Tujuan Khusus
Secara khusus
1.         Menyiapkan siswa untuk belajar bekerja  secara mandiri maupun bekerja dalam satu tim dan mengembangkan potensi.
2.         Meningkatkan setatus dan keperibadian siswa sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
3.         Memberikan kesempatan bagi para siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja yang terampil dan produktif berdasarkan pengakuan setandard profesi.

1.3. Waktu dan tempat
Pelaksanakan PKL yang kami lakukan berdasarkan peraturan baku dari sekolah adalah 2 (dua) bulan. PKL ini dimulai dari  tanggal 1 Agusrus 2016 sampai dengn 31 September 2016. Tempat atau perusahaan yang kami datangi untuk melaksanakan PKL tersebut adalah di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minuman kesehatan, yaitu  PT.Frisian Champina yang beralamatkan di daerah JL. Raya Bogor Km 5 Pasar Rebo, Jakarta-Timur.


 

BAB II
LANDASAN TEORI


2. 1.  Sejarah
Perusahaan yang bergerak di bidang minuman kesehatan pada  awalnya dimulai dari adanya sebuah peristiwa. Semuanya berawal sekitar tahun 1870-an ketika para peternak bergabung dalam koperasi peternak sapi perah di seluruh Belanda. Pada waktu itu alat pendingin modern belum tersedia, sehingga menjalin kerja sama dengan pihak lokal menjadi cara yang paling efektif untuk menjaga agar penjualan susu terjaga dan meningkatkan kekuatan pasar.
Seiring berjalannya waktu, produksi susu meningkat pesat dan peternak mulai mencari cara terbaik agar produk mereka mampu bertahan lebih lama, karena harus melalui melewati perjalanan distribusi yang panjang, namun meski begitu produk mereka tetap dapat memberikan manfaat dan kebaikan susu.
Pada 1913, sekitar 30 koperasi memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri di Leeuwarden dan pabrik pengolahan susu yang bernama De Cooperatieve Condensfabriek Friesland (CCF) atau Pabrik Susu Kental Manis Friesland. Tujuannya adalah untuk memproses susu yang dihasilkan peternak, dengan menggunakan metode penguapan dan memasarkannya secara lokal maupun internasional. Di tahun pertama setelah pabrik didirikan, CCF mulai mengekspor produk susu kental mereka ke seluruh Eropa.
Pada waktu yang sama, Friesche Vlag juga terdaftar sebagai merek dagang produk perusahaan, dengan unsur visual dan nama yang diambil dari bendera di daerah Friesland, Belanda Utara, yang terkenal dengan produk susunya. Pada tahun 1922, produk susu kaleng Frisian Flag dan Friesche Vlag pertama kali diekspor ke Hindia Belanda, salah satunya Batavia, Indonesia. Dan sejarah Frisian Flag di Indonesia pun dimulai.
Sejak awal kehadirannya, Susu Kental Manis dan produk susu Friesche Vlag, dipromosikan dan dijual oleh para mitra bisnis di seluruh penjuru Indonesia. Agar lebih mudah diterima oleh pasar dan masyarakat, produk ini kemudian dikenal dengan nama “soesoe tjap bendera”. Upaya strategis tersebut terbukti ampuh dan Susu Kental Manis pun mulai dikenal dan dicari konsumen di seluruh penjuru negeri. Identitas dan nama tersebut, hingga kini telah menjadi sebuah ikon. Namun, semua ini berhenti saat Jepang menjajah Indonesia dan Belanda terusir oleh mereka. Produk Susu Kental Manis Frisian Flag tidak dapat dikirim ke Indonesia karena terjadi blokade kapal asing oleh pihak Jepang.




https://www.frisianflag.com/wp-content/uploads/2014/05/250711-FFI068-IMG_6978-495x400.jpg

 

Pada tahun 50-an setelah masa kemerdekaan Indonesia, produk Susu Kental Manis kembali didatangkan dari Belanda, dan mulai dijual serta dipasarkan oleh mitra bisnis lokal.
Pada tahun 1968, PT Friesche Vlag Indonesia didirikan melalui kemitraan antara Cooperatieve Condensfabriek Friesland dan sebuah perusahaan lokal. Pada tahun 1969 pabrik Pasar Rebo mulai dibangun dan pada awal 1971, pabrik tersebut mulai memproduksi Susu Kental Manis untuk dipasarkan ke seluruh penjuru tanah air.
Pada tahun 1977, PT Foremost Indonesia dan Pabrik Ciracas diambil alih, sehingga PT Friesche Vlag Indonesia memiliki 2 pabrik, yaitu Pasar Rebo dan Ciracas.
Setelah produk susu kental manis, PT Friesche Vlag Indonesia mulai memproduksi susu bubuk pada tahun 1979, susu pertumbuhan yang pertama di Indonesia pada 1988, dan susu UHT siap saji pada 1991.
Pada tahun 2002, perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi PT Frisian Flag Indonesia, dan pada tahun-tahun berikutnya, beberapa perusahaan ikut bergabung di bawah bendera PT Frisian Flag Indonesia. Dan pada tahun 2010, Frisian Flag melakukan pembaharuan identitas atau logo produknya.
Tahun 2012 menjadi salah satu momen penting bagi Frisian Flag karena menandai 90 tahun keberadaannya, sebagai bagian penting tak terpisahkan dari kehidupan keluarga Indonesia.  Dan hingga kini, PT Frisian Flag Indonesia masih terus melanjutkan komitmennya untuk membantu memperbaiki status gizi bangsa Indonesia melalui produk-produk inovatifnya.
https://www.frisianflag.com/wp-content/uploads/2014/05/250711-FFI109-IMG_7056-495x400.jpg

https://www.frisianflag.com/wp-content/uploads/2014/05/DSC08480-495x400.jpg
https://www.frisianflag.com/wp-content/uploads/2014/05/250711-FFI060-IMG_6769-495x400.jpg https://www.frisianflag.com/wp-content/uploads/2014/05/310709-flag95-IMG_2973-495x400.jpg

 









2.2. Stuktur Organisasi

Struktur Organisasi di Frisland Champina


Text Box: SD Text Box: OP
 




















Text Box: Primary SalesText Box: Distributor
GT-  General Trade
MT- Moderen TradeTSC (Trade spend controlling)                                                                                
Ø  Promosi claim
Ø  PPH (bukpot)
Ø  Text Box: Secondary salesPost audit
 

2. 3 .Kegiatan
1.      Andryansah Bertugas di Bagian SCM Packing
Kegiatan saya selama PKL yaitu saya mendapatkan pengalaman kerja langsung dari pembimbing saya. saya kira PKL itu membosankan,karena dari kaka kelas saya yg sudah pernah melaksanakan PKL yang  pernah melaksanakan PKL lebih dahulu katanya membosankan,tetapi menurut saya dan yang saya rasakan berbeda 360 drajat,karena di tempat PKL saya bisa bercanda,tertawa,seperti berada di sekolah.saya di sana mendapatkan ilmu dan cara menginput data,mengarsipkan bermacam-macam documen vitamin,from cuti,scedul control sachet,dan masih banyak lagi.
Kenangan saya mengikuti PKL di PT.frisian flag Idonesia saya mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak ada pengalaman buruk selama saya PKL. Jadi untuk adik kelas yang akan datang dan ingin melaksanakan PKL, kalian jangan takut karena PKL itu sangat menyenangkan.
2.      Saya Alfad Ghani Abdullah
Saya PKL di bagian finance OTC (order to cash) Dimana saat itu pekerjaan saya hanya mengkroscek data dari distributor ke Frisian Flag,
3.      Saya Arlinda Elsa Saputri


KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)



1 .


Saya setiap pagi selalu menginput data pasien yang berobat , dan pasien yang acc surat keterangan sakit . kadang kala saya juga sering menginput data umur pasien , diagnosa pasien atau di sebut juga dengan penyakit yang di derita oleh pasien .


2 .

Saya setiap hari selama pkl di frisian flag indonesia yang di tempat kan dibagian poliklinik yang beroperasi setiap pukul 14.00 s/d 16.30 WIB  mencatat setiap pasien yang ingin berobat ke buku kecil dan ke buku besar lalu untuk pasien yang ingin acc surat keterangan sakit hanya di tulis dibuku buku kecil saja

3 .


Setelah saya mencatat pasien yang ingin berobat dan acc surat keterangan sakit , saya langsung mengambilkan berkas pasien .


4 .
Setiap minggu sekali saya rutin mengecek kadarluarsa , mengecek stok , dan mengasih p3k untuk para karyawan yang membutuhkan dan untuk setiap ruangan yang diharuskan ada kotak p3k

5.

Kadang kala saya juga sering melakukan scan berkas yang melalui e-mail

6.
Saya sering menginput data tentang bahan – bahan pembuatan susu , dokumen cuti para karyawan , atau karyawan yang sakit
7.
saya setiap hari merapikan dokumen pemasukan hasil produksi susu setiap harinya dan dokumen hasil akhir produksi susu yang telah dibuat
8.
Saya pernah melaminating larangan yang harus di taati dan harus di lakukang seperti harus memakai pakaian yang harus digunakan saat berada di area produksi , seperti harus memakai handseat pas berada di area produksi dan lain-lain

4.      SayaAnnisa


Kegiatan praktek kerja lapangan
1 .
Saya sering menginput data tentang bahan – bahan pembuatan susu , dokumen cuti para karyawan , atau karyawan yang sakit
2 .
Saya setiap hari merapikan dokumen pemasukan hasil produksi susu setiap harinya dan dokumen hasil akhir produksi susu yang telah dibuat
3 .
Saya pernah melaminating larangan yang harus di taati dan harus di lakukang seperti harus memakai pakaian yang harus digunakan saat berada di area produksi , seperti harus memakai handseat pas berada di area produksi dan lain-lain





 

BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan
Dari Uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat baik bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan maupun bagi pihak Dunia Industri. Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi tempat dimana siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengasah ketrampilan mereka khususnya dalam hal praktik dimana mereka dapat belajar lebih luas mengenai dalam hal dunia kerja serta melatih siswa-siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.
Dan bukan hanya itu saja kami juga mendapatkan pengalaman yang baru pertama kali dan juga mendapatkan pengetahuan tentang cara kerja di dalam lembaga pemerintah khususnya di bagian kantor nya. Dan kami banyak dapat masukan tentang bagaimana sebenarnya cara bekerja dalam lembaga pemerintah.
Dengan demikian kami dapat menyimpulkan beberapa hal yang kami dapatkan dari PT.Frisland Champina.
3.2. Kesan
Adapun kesan yang kami rasakan selama Kegiatan PKL yaitu senang dan berterima kasih, karena selama kegiatan PKL kami mendapat banyak sekali ilmu dan pengalaman dalam hal dunia kerja. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi ilmu dan pengalaman tersebut sehingga kami dapat mengembangkan ketrampilan kami dalam hal praktik.
3.3. Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan PKL sebagian kecil justru kami tidak temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Maka dari itu, kami ajukan beberapa saran, antara lan yaitu:
Ø  Saran Untuk Sekolah
a.       Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, para siswa cenderung lebih mudah beradaptasi dalam dunia kerja.
b.      Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan kemajuan teknologi di dunia kerja saat ini. Dengan demikian, para siswa dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperolehnya secara maksimal.
c.       Hendaknya Guru pembimbing harus lebih sering memonitoring para siswanya di lingkungan PKL secara langsung sehingga siswa dapat berkonsultasi mengenai informasi-informasi terbaru dari sekolah.

Ø  Saran Untuk Perusahaan, PT. Frisian Champina
a.    Kepada Pimpinan PT. Frisian Champina, kami berharap agar tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kami dan para peserta PKL yang akan datang.
b.    Untuk karyawan, kami berharap agar memperkenalkan, menjelaskan, membimbing, dan mengarahkan berbagai jenis kegiatan dalam lingkungan praktik sehingga paserta PKL dapat belajar dengan maksimal. Hubungan kerjasama antar karyawan juga harus dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan agar pelaksanaan kerja dapat lebih maksimal dan efisien.
c.    Lebih meningkatkan tata tertib yang berlaku.
d.   Kami juga berharap kepada PT.Frisland Champina Media agar terus meningkatkan kualitas usahanya, baik dalam hal pelayanan customer maupun kualitas teamwork yang solid sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mutu perusahaan yang lebih baik.







Ø  Saran Untuk Pembaca, Terutama Adik Kelas
Rajinlah belajar Utamakan sekolah demi masa depan Bila sedang praktik jangan sambil bercanda dan patuhi tata tertib yang berlaku. Bertindaklah dewasa dalam hal pola pikir dan perilaku agar pelaksanaan PKL dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Dengan selalu memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKL ini dengan lancar. kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang sudah mambantu dan membimbing kami dalam menyusun laporan PKL ini. kami menyadari masih banyak terdapat kesalahan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan demi menyempurnakan laporan kami. Semoga semua isi di dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi kami pada khususnya dan pembaca pada umumnya.





















Daftar Pustaka
http://contoh-laporan-pkl1.blogspot.co.id/2017/02/contoh-laporan-pkl-peraktek-kerja.html
















 

BIODATA ANGGOTA PKL


gambar-pemandangan-pantai-image-pemandangan-indah-wallpaper-pemandangan-pantai-555x416Nama   : Alfad Ghani Abdullah
Kelas   : XI.AP-1
TTL     : Jakarta 24 Juni 1999
Alamat : JL.H.Baping    
   Gg.pule88


2016-08-09 14.10
Nama   : Andryansyah
Kelas   : XI.AP-1
TTL     : Jakarta 18 Agustus 1998
Alamat : JL. Bandak Gg. Masjid      
   RT005/RW007







Nama   : Arlinda Elsa Saputri
Kelas   : XI-AP.1
TTL     : Jakarta  27 Agustus 2000
Alamat : JL . H . Siun Gg
   Rambutan 2




Nama   : Annisa Wulansari
Kelas   : XI-AP.1
TTL     : Jakarta, 28 juni 2000
Alamat : Gg nissin rt 006 rw 007






Komentar