Contoh Laporan PKL (peraktek kerja lapangan) di PT. frisland Champina
lembaran PKL
PT.Frisland Champina
Nama
kelompok:
Alfad ghani A
Andriansyah
Arlinda elsa S
Annisa
SMK MAHADHIKA 1
2016
Lembar Pengesahan
Laporan ini disampaikan untuk memenuhi persyaratan penyelesaian praktek
kerja lapangan SMK MAHADHIKA 1 Tahun Pelajaran 2016-2017
Jakarta, 28 febuari 2017
Penulis
Disahkan dan disetujui oleh
Wakil Kurikulum
Kepala Perogram Jurusan
Didin Aliyudin, M. Pd
Kurnia Nita, S. Pd
Mengetahui,
Kepala SMK MAHADHIKA 1 Jakarta
H. Agus Suyani.S.Ag, M.M.Pd
Kata Pengantar
Segala puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang Maha Esa
yang telah menampilkan rahmat dan hidayat-nya kepada kami sehingga kami dapat
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan juga dapat menyelesaikan laporan
ini dengan baik. Sholawat dan salam kami sampaikan kepada suri tauladan kami,
Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya.
Kegiatan PKL dimaksudkan sebagai salah satu bekal dalam memasuki jenjang dunia
kerja dan untuk memupuk sikap mental yang lebih baik dalam melaksanakan
kewajiban sebagai penerus bangsa sehingga mampu dan siap bekerja.
Laporan praktek kerja lapangan ini
kami susun berdasarkan pengalaman dan data-data yang kami peroleh selama
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Frisian Champina.
Laporan ini di susun sedemikian
rupa dengan tujuan dapat di terima dan di pahami oleh pembimbing serta dapat di
pakai sebagai bahan acuan untuk adik-adik kelas yang nantinya juga akan melaksanankan
praktek kerja lapangan dan menyusun laporan. Kami menyadari bahwa hal tersebut
terlaksana berkat bantuan berbagai pihak,baik secara langsung maupun tidak
langsung. Untuk itu izinkan kami mengucapkan terimakasih kepada:
1.
Bapak H. Agus suyani.S.Ag,M.M.Pd, selaku Kepala SMK Mahadhika 1.
2.
Bapak Didin Aliyudin, M.Pd, selaku wakil bidang kurikulum.
3.
Ibu Ulfatun Hidayati, SE. selaku wakil Bidang HubIn SMK Mahadhika 1.
4.
Ibu Desi Sulistyarini, S.Pd. Selaku Wakil Bidang Kesisiwaan SMK Mahadhika
1.
5.
Bapak Andri, S.Pd, selaku wakil Bidang Sarana Prasarana SMK Mahadhika 1
6.
Ibu Kurnia Nita, S.Pd, Selaku KaProg Adm. Perkantoran di SMK Mahadhika 1
Jakarta.
7.
Ibu Dwi Nurhayati, S.Pd, selaku guru pembimbing Peraktek Kerja Lapangan
yang telah membimbing kami dengan tulus dan ikhlas dari awal sampai kami
selesai melaksanakan PKL.
8.
Bapak Ibu guru di sekolah SMK MAHADHIKA1 yang telah memberikan bimbingan
selama pelaksanaan pengalaman kerja lapangan
9.
Bapak Daman Wijaya selaku HRBP Manager PT. Frisian Champina
10.
Bapak Titan selaku HR PT. Frisian Champina
11.
Bapak Andri Tias Saputra selaku pembimbing PKL bagian SCM Packing
12.
Bapak Hendra Kustina selaku pembimbing PKL bagian SCM Packing
13.
Bapak Angga Satria Wijawa selaku pembimbing PKL di bagian Finance OTC
14.
Ibu Mike Dwi sardinah selaku pembimbing PKL bagian Klinik Frisland
Champina
Penulis menyadari bahwa
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan
kritik, saran dam masukkannya yang sifatnya membangun bagi pembaca dan
masyarakat umum.
Penulis juga berharap laporan ini dapat menjadi acuan bagi adik-adik
kelas untuk membuat
Laporan Peraktek Kerja Lapangan di tahun berikutnya. Semoga laporan ini
bermanfaat.
Terima Kasih.
Jakarta, 28 febuari 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul :
......................................................................................
i
Halaman Pengesahan :
......................................................................................
ii
Kata Pengantar : ......................................................................................
iii
Daftar Isi :
......................................................................................
iv
BAB I PENDAHULUAN
1. 1. Latar belakang : .......................................................................................
1
1. 2. Tujuan : .......................................................................................
2
1. 3. Waktu dan Tempat : .......................................................................................
3
BAB II LANDASAN TEORI
2.1.
Sejarah Singkat : .......................................................................................
4
2.2. Stuktur Organisasi : .......................................................................................
8
2.3. Kegiatan Harian : .......................................................................................
9
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan : .....................................................................................
15
3.2. Saran : .....................................................................................
16
Daftar pustaka : .....................................................................................
18
Biodata : .....................................................................................
19
BAB I
PENDAHULUAN
1. 1. Latar Belakang
Laporan PKL ini di
buat pada tanggal 17 November 16 di buat laporan ini hanya untuk memberikan
pelajaran sekaligus pengalaman yang pernah kami alami selama PKL berlangsung.
Kegiatan peraktek
kerja lapangan merupakan kurikulum pendidikan (SMK) sekolah menengah kejuruan,
yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan peraktek kerja
secara langsung di dunia kerja sesuai dengan perogram study tertentu untuk
mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara frofesional.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka
di terapkan suatu sistem pendidikan yang di kenal dengan istilah “praktek kerja
lapangan (PKL)” sistem ini merupakan suatu bentuk penyelengaraan pendidikan
keahlian profesional yang mendukung secara sitematis program pendidikan di
sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan peraktek kerja
secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional
tertentu.
Keahlian profesional hanya dapat di
kuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada
dalam dunia kerja. Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada jenjang tertentu
maka di wajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.
1.2.
Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
Secara
umum praktek kerja lapangan (PKL) bertujuan untuk memberi gambaran kepada
siswa/i pada saat bekerja, baik itu disuatu perusahaan ataupun di suatu lembaga
instansi. Sedangkan secara umumnya antara lain :
1.
Dapat
menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-maing saiswa/i.
2.
Melatih
keterampilan yang dimiliki siwa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
3.
Melahirkan
sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat
bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
4.
Menambah kreatifitas
siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
5.
Memberikan
motivasi sehingga siswa/i bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
6.
Memperkenalkan
pada siswa/i cara kerja sesungguhnya.
7.
Agar
siwa/i dapat mempunyai pengalaman yang kelak menjadi bekal bila suatu saat
nanti terpangil mengabdi dalam suatu instansi/perusahaan tersebut.
8.
Untuk
memperoleh peluang atau kesempatan kerja di perusahaan maupun instansi
pemerintah setelah menyelesaikan peraktek kerja lapangan (PKL)
9.
Menabah
wawasan bagi siswa/i dan melatih agar dapat menyesuaikan diri pada dunia kerja
nyata.
1.2.2.
Tujuan Khusus
Secara
khusus
1.
Menyiapkan siswa untuk belajar bekerja
secara mandiri maupun bekerja dalam satu tim dan mengembangkan potensi.
2.
Meningkatkan
setatus dan keperibadian siswa sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasi dan
memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
3.
Memberikan
kesempatan bagi para siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja yang
terampil dan produktif berdasarkan pengakuan setandard profesi.
1.3.
Waktu dan tempat
Pelaksanakan PKL yang
kami lakukan berdasarkan peraturan baku dari sekolah adalah 2 (dua) bulan. PKL
ini dimulai dari tanggal 1 Agusrus 2016
sampai dengn 31 September 2016. Tempat atau perusahaan yang kami datangi untuk
melaksanakan PKL tersebut adalah di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
minuman kesehatan, yaitu PT.Frisian
Champina yang beralamatkan di daerah JL. Raya Bogor Km 5 Pasar Rebo,
Jakarta-Timur.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.
1. Sejarah
Perusahaan yang bergerak di bidang minuman kesehatan
pada awalnya dimulai dari adanya sebuah
peristiwa. Semuanya berawal sekitar tahun 1870-an ketika para peternak bergabung
dalam koperasi peternak sapi perah di seluruh Belanda. Pada waktu itu alat
pendingin modern belum tersedia, sehingga menjalin kerja sama dengan pihak
lokal menjadi cara yang paling efektif untuk menjaga agar penjualan susu
terjaga dan meningkatkan kekuatan pasar.
Seiring
berjalannya waktu, produksi susu meningkat pesat dan peternak mulai mencari
cara terbaik agar produk mereka mampu bertahan lebih lama, karena harus melalui
melewati perjalanan distribusi yang panjang, namun meski begitu produk mereka
tetap dapat memberikan manfaat dan kebaikan susu.
Pada 1913, sekitar 30 koperasi memutuskan untuk
mendirikan perusahaan sendiri di Leeuwarden dan pabrik pengolahan susu yang
bernama De Cooperatieve Condensfabriek Friesland (CCF) atau Pabrik Susu Kental
Manis Friesland. Tujuannya adalah untuk memproses susu yang dihasilkan
peternak, dengan menggunakan metode penguapan dan memasarkannya secara lokal
maupun internasional. Di tahun pertama setelah pabrik didirikan, CCF mulai
mengekspor produk susu kental mereka ke seluruh Eropa.
Pada
waktu yang sama, Friesche Vlag juga terdaftar sebagai merek dagang produk
perusahaan, dengan unsur visual dan nama yang diambil dari bendera di daerah
Friesland, Belanda Utara, yang terkenal dengan produk susunya. Pada tahun 1922,
produk susu kaleng Frisian Flag dan Friesche Vlag pertama kali diekspor ke
Hindia Belanda, salah satunya Batavia, Indonesia. Dan sejarah Frisian Flag di
Indonesia pun dimulai.
Sejak awal kehadirannya, Susu Kental Manis dan produk susu Friesche
Vlag, dipromosikan dan dijual oleh para mitra bisnis di seluruh penjuru
Indonesia. Agar lebih mudah diterima oleh pasar dan masyarakat, produk ini
kemudian dikenal dengan nama “soesoe tjap bendera”. Upaya strategis tersebut
terbukti ampuh dan Susu Kental Manis pun mulai dikenal dan dicari konsumen di
seluruh penjuru negeri. Identitas dan nama tersebut, hingga kini telah menjadi
sebuah ikon. Namun, semua ini berhenti saat Jepang menjajah Indonesia dan
Belanda terusir oleh mereka. Produk Susu Kental Manis Frisian Flag tidak dapat
dikirim ke Indonesia karena terjadi blokade kapal asing oleh pihak Jepang.
Pada
tahun 50-an setelah masa kemerdekaan Indonesia, produk Susu Kental Manis
kembali didatangkan dari Belanda, dan mulai dijual serta dipasarkan oleh mitra
bisnis lokal.
Pada
tahun 1968, PT Friesche Vlag Indonesia didirikan melalui kemitraan antara
Cooperatieve Condensfabriek Friesland dan sebuah perusahaan lokal. Pada tahun
1969 pabrik Pasar Rebo mulai dibangun dan pada awal 1971, pabrik tersebut mulai
memproduksi Susu Kental Manis untuk dipasarkan ke seluruh penjuru tanah air.
Pada
tahun 1977, PT Foremost Indonesia dan Pabrik Ciracas diambil alih, sehingga PT
Friesche Vlag Indonesia memiliki 2 pabrik, yaitu Pasar Rebo dan Ciracas.
Setelah
produk susu kental manis, PT Friesche Vlag Indonesia mulai memproduksi susu
bubuk pada tahun 1979, susu pertumbuhan yang pertama di Indonesia pada 1988,
dan susu UHT siap saji pada 1991.
Pada
tahun 2002, perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi PT Frisian Flag Indonesia,
dan pada tahun-tahun berikutnya, beberapa perusahaan ikut bergabung di bawah
bendera PT Frisian Flag Indonesia. Dan pada tahun 2010, Frisian Flag melakukan
pembaharuan identitas atau logo produknya.
Tahun 2012 menjadi salah satu momen penting bagi Frisian
Flag karena menandai 90 tahun keberadaannya, sebagai bagian penting tak
terpisahkan dari kehidupan keluarga Indonesia. Dan hingga kini, PT Frisian Flag Indonesia
masih terus melanjutkan komitmennya untuk membantu memperbaiki status gizi
bangsa Indonesia melalui produk-produk inovatifnya.
2.2.
Stuktur Organisasi
Struktur Organisasi di Frisland Champina
TSC (Trade spend controlling)
Ø Promosi claim
Ø PPH (bukpot)
Ø Post audit
2. 3 .Kegiatan
1. Andryansah
Bertugas di Bagian SCM Packing
Kegiatan saya selama PKL yaitu saya mendapatkan pengalaman
kerja langsung dari pembimbing saya. saya kira PKL itu membosankan,karena dari
kaka kelas saya yg sudah pernah melaksanakan PKL yang pernah melaksanakan PKL lebih dahulu katanya
membosankan,tetapi menurut saya dan yang saya rasakan berbeda 360 drajat,karena
di tempat PKL saya bisa bercanda,tertawa,seperti berada di sekolah.saya di sana
mendapatkan ilmu dan cara menginput data,mengarsipkan bermacam-macam documen
vitamin,from cuti,scedul control sachet,dan masih banyak lagi.
Kenangan saya mengikuti PKL di PT.frisian flag Idonesia
saya mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak ada pengalaman
buruk selama saya PKL. Jadi untuk adik kelas yang akan datang dan ingin
melaksanakan PKL, kalian jangan takut karena PKL itu sangat menyenangkan.
2. Saya
Alfad Ghani Abdullah
Saya PKL di bagian finance OTC (order to cash) Dimana saat itu pekerjaan saya hanya mengkroscek data dari distributor ke Frisian Flag,
3. Saya
Arlinda Elsa Saputri
|
KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
|
1 .
|
Saya
setiap pagi selalu menginput data pasien yang berobat , dan pasien yang acc
surat keterangan sakit . kadang kala saya juga sering menginput data umur
pasien , diagnosa pasien atau di sebut juga dengan penyakit yang di derita
oleh pasien .
|
2 .
|
Saya
setiap hari selama pkl di frisian flag indonesia yang di tempat kan dibagian
poliklinik yang beroperasi setiap pukul 14.00 s/d 16.30 WIB mencatat setiap pasien yang ingin berobat
ke buku kecil dan ke buku besar lalu untuk pasien yang ingin acc surat keterangan
sakit hanya di tulis dibuku buku kecil saja
|
3 .
|
Setelah
saya mencatat pasien yang ingin berobat dan acc surat keterangan sakit , saya
langsung mengambilkan berkas pasien .
|
4 .
|
Setiap
minggu sekali saya rutin mengecek kadarluarsa , mengecek stok , dan mengasih
p3k untuk para karyawan yang membutuhkan dan untuk setiap ruangan yang
diharuskan ada kotak p3k
|
5.
|
Kadang
kala saya juga sering melakukan scan berkas yang melalui e-mail
|
6.
|
Saya
sering menginput data tentang bahan – bahan pembuatan susu , dokumen cuti
para karyawan , atau karyawan yang sakit
|
7.
|
saya
setiap hari merapikan dokumen pemasukan hasil produksi susu setiap harinya
dan dokumen hasil akhir produksi susu yang telah dibuat
|
8.
|
Saya
pernah melaminating larangan yang harus di taati dan harus di lakukang
seperti harus memakai pakaian yang harus digunakan saat berada di area
produksi , seperti harus memakai handseat pas berada di area produksi dan
lain-lain
|
4.
SayaAnnisa
|
Kegiatan praktek kerja lapangan
|
1 .
|
Saya
sering menginput data tentang bahan – bahan pembuatan susu , dokumen cuti
para karyawan , atau karyawan yang sakit
|
2 .
|
Saya
setiap hari merapikan dokumen pemasukan hasil produksi susu setiap harinya
dan dokumen hasil akhir produksi susu yang telah dibuat
|
3 .
|
Saya
pernah melaminating larangan yang harus di taati dan harus di lakukang
seperti harus memakai pakaian yang harus digunakan saat berada di area
produksi , seperti harus memakai handseat pas berada di area produksi dan
lain-lain
|
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dari Uraian diatas dapat
kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat baik
bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan maupun bagi pihak Dunia Industri.
Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi tempat dimana
siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengasah ketrampilan mereka
khususnya dalam hal praktik dimana mereka dapat belajar lebih luas mengenai
dalam hal dunia kerja serta melatih siswa-siswi menjadi generasi muda yang bertanggung
jawab dan profesional.
Dan bukan hanya itu saja kami juga mendapatkan pengalaman
yang baru pertama kali dan juga mendapatkan pengetahuan tentang cara kerja di
dalam lembaga pemerintah khususnya di bagian kantor nya. Dan kami banyak dapat
masukan tentang bagaimana sebenarnya cara bekerja dalam lembaga pemerintah.
Dengan demikian kami dapat menyimpulkan beberapa hal yang
kami dapatkan dari PT.Frisland Champina.
3.2.
Kesan
Adapun kesan yang kami
rasakan selama Kegiatan PKL yaitu senang dan berterima kasih, karena selama
kegiatan PKL kami mendapat banyak sekali ilmu dan pengalaman dalam hal dunia
kerja. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi ilmu
dan pengalaman tersebut sehingga kami dapat mengembangkan ketrampilan kami
dalam hal praktik.
3.3. Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan PKL
sebagian kecil justru kami tidak temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas.
Maka dari itu, kami ajukan beberapa saran, antara lan yaitu:
Ø Saran Untuk Sekolah
a.
Sekolah perlu memberikan
penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintah
maupun swasta. Dengan demikian, para siswa cenderung lebih mudah beradaptasi
dalam dunia kerja.
b.
Sekolah perlu memberikan
penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan kemajuan teknologi
di dunia kerja saat ini. Dengan demikian, para siswa dapat mengaplikasikan ilmu
dan keterampilan yang diperolehnya secara maksimal.
c.
Hendaknya Guru pembimbing
harus lebih sering memonitoring para siswanya di lingkungan
PKL secara langsung sehingga siswa dapat berkonsultasi mengenai
informasi-informasi terbaru dari sekolah.
Ø Saran Untuk Perusahaan, PT. Frisian Champina
a. Kepada Pimpinan PT. Frisian Champina, kami berharap agar tidak
bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kami dan para peserta
PKL yang akan datang.
b. Untuk karyawan, kami berharap agar memperkenalkan, menjelaskan,
membimbing, dan mengarahkan berbagai jenis kegiatan dalam lingkungan praktik
sehingga paserta PKL dapat belajar dengan maksimal. Hubungan kerjasama antar
karyawan juga harus dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan agar pelaksanaan
kerja dapat lebih maksimal dan efisien.
c. Lebih meningkatkan tata tertib yang berlaku.
d. Kami juga berharap kepada PT.Frisland Champina Media agar terus
meningkatkan kualitas usahanya, baik dalam hal pelayanan customer maupun
kualitas teamwork yang solid sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mutu
perusahaan yang lebih baik.
Ø Saran Untuk Pembaca, Terutama Adik Kelas
Rajinlah belajar Utamakan sekolah demi masa depan Bila sedang
praktik jangan sambil bercanda dan patuhi tata tertib yang berlaku. Bertindaklah
dewasa dalam hal pola pikir dan perilaku agar pelaksanaan PKL dapat berjalan
dengan baik dan lancar.
Dengan
selalu memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan
karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKL ini dengan lancar.
kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang
sudah mambantu dan membimbing kami dalam menyusun laporan PKL ini. kami
menyadari masih banyak terdapat kesalahan, untuk itu kritik dan saran yang membangun
sangat kami butuhkan demi menyempurnakan laporan kami. Semoga semua isi di
dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi kami pada khususnya dan pembaca pada
umumnya.
Daftar Pustaka
http://contoh-laporan-pkl1.blogspot.co.id/2017/02/contoh-laporan-pkl-peraktek-kerja.html
BIODATA ANGGOTA PKL
Nama : Alfad Ghani Abdullah
Kelas :
XI.AP-1
TTL :
Jakarta 24 Juni 1999
Alamat : JL.H.Baping
Gg.pule88
Nama :
Andryansyah
Kelas :
XI.AP-1
TTL :
Jakarta 18 Agustus 1998
Alamat :
JL. Bandak Gg. Masjid
RT005/RW007
Nama :
Arlinda Elsa Saputri
Kelas :
XI-AP.1
TTL :
Jakarta
27 Agustus 2000
Alamat : JL . H . Siun Gg
Rambutan 2
Nama :
Annisa Wulansari
Kelas :
XI-AP.1
TTL :
Jakarta, 28 juni 2000
Alamat :
Gg nissin rt 006 rw 007
Komentar
Posting Komentar